BRAND AWARENESS DISCOVERY ENGLISH JOGJA MELALUI KONTEN INSTAGRAM

  • Balina Denyz Ramadhani Stikosa-AWS
  • Puasini Aprilyantini Stikosa-AWS
Keywords: Instagram, Brand Awareness, Discovery English Jogja

Abstract

Penelitian mengenai pemanfaatan konten – konten melalui Instagram yang dilakukan oleh lembaga kursus Bahasa Inggris Discovery English Jogja, merupakan salah satu bentuk brand awareness yang digunakan karena kurangnya pengetahuan publik mengenai lembaga kursus tersebut, selain itu juga terdapat banyaknya pesaing yang menawarkan di bidang yang sama terlebih lagi pada pandemi saat ini menuntut setiap pengusaha memasarkannya secara kreatif melalui berbagai media. Tujuan memanfaatkan media sosial khususnya Instagram adalah untuk meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek Discovery English Jogja kepada publik Instagram serta untuk dapat menambah siswa yang ikut bergabung untuk kursus di lembaga tersebut. Maka dari itu, peluang untuk membuat akun Instagram sebagai brand awareness suatu lembaga atau perusahaan adalah hal yang tepat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian eksploratif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah hasil dari wawancara dengan informan yaitu CEO dari Discovery English Jogja, content marketing Instagram, dan siswa dari Discovery English Jogja, selain itu juga melakukan observasi dari konten Instagram @discoveryenglishjogja yang merupakan objek penelitian, dan studi pustaka . Teori yang digunakan adalah teori brand management oleh Aaker dengan metode analisis menggunakan brand awareness atau kesadaran merek. Hasil dari penelitian ini menunujukkan bahwa dapat diketahui Discovery English Jogja melakukan pemanfaatan konten di Instagram untuk brand awareness dengan memilih dan menyajikan konten yaitu berupa konten Instagram mengenai pembelajaran Bahasa Inggris, memilih topik konten sesuai dengan perkembangan di media sosial, memanfaatkan berbagai fitur di Instagram, tampilan konten merupakan hal penting dan juga melakukan bekerja sama dengan pihak lain yaitu dengan influencer untuk mempromosikan Discovery English Jogja.

References

Aditya Halim Perdana Kusuma, A. S. (2020). Brand Management: Esensi, Posisi dan Strategi. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Afandi, R. (2019). How to Win Instagram. Yogyakarta: CV. Diandra Primamitra Media.
Albi Anggito, J. S. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Aprinta, G. (2021). Strategi Cyber Public Relations dalam Pembentukan Citra Institusi Pendidikan Tinggi Swasta. The Messenger.
Assumpta, M. (2002). Dasar Dasar Public Relation. Jakarta: Pt Grasindo.
Bambang D. Prasetyo, N. S. (2018). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Malang: UB Press.
Dennis L. Wilcox, P. H. (2001). Essentials of Public Relations. Pennsylvania State University: Longman.
Dhifa Nabila, O. E. (2020). Peradaban Media Sosial di Era Industri 4.0. Malang: Intrans Publishing Group.
Firmansyah, M. A. (2020). Komunikasi Pemasaran. Pasuruan: Qiara Media.
Fullchis Nurtjahjani, S. M. (2018). Public Relation, Citra dan Praktek. Malang: POLINEMA PRESS.
Hardjana, A. (2016). Komunikasi Organisasi Strategi dan Kompetensi. Jakarta: Kompas.
Hartono, J. (2018). Metoda Pengumpulan dan Teknik Analisis Data. Yogyakarta: ANDI.
Jackson, A. (2020). Instagram Marketing Mastery. Inggris: Aaron Jackson.
Kasali, R. (2007). Membidik pasar Indonesia segmentasi, targeting, dan positioning. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
M., J. H. (2018). Metoda Pengumpulan dan Teknik Analisis Data. Yogyakarta: ANDI.
Miles, J. (2019). Instagram Power, Second Edition Build Your Branch and Reach More Customers with Visual Influence. Mexico: McGraw - Hill Education.
Miller, D. (2020). Social Media Marketing, 3 books in one: Excellent Tricks to Grow your business,Instagram Marketing to become a famous influencer,Tiktok and You Tube to make Viral Videos. Los Angeles: Independently Published.
Moerdijati, S. (2012). Buku Ajar Pengantar Ilmu Komunikasi. Surabaya: PT. Revka Petra Media.
Nurhadi, D. Z. (2017). Teori Komunikasi Kontemporer. Jakarta: KENCANA.
Philip Kotler, K. K. (2008). Marketing Management (13th Edition). USA: Vangonotes.
Priansa, D. J. (2017). Komunikai Pemasaran Terpadu pada era media sosial. Bandung: Pustaka Setia.
Purbohastuti, A. W. (2017). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Tirtayasa EKONOMIKA.
Quesenberry, K. A. (2020). Social Media Strategy. United Kingdom: Rowman & Littlefield.
R, S. M. (2002). Dasar Dasar Public Relation. Jakarta: PT Grasindo.
Sara Dolnicar, B. G. (2018). Market Segmentation Analysis. Singapore: Springer Singapore.
Semiawan, C. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo.
SensorTower. (2021). Top Charts & News. Diambil kembali dari Sensortower.com: https://sensortower.com/ios/rankings/top/iphone/indonesia/all-categories?app_id=1235601864&app_name=tiktok&publisher=tiktok-pte-ltd&search=&start_date=2021-01-30&end_date=2021-02-28&countries=ID&chart_type=topfreeapplications&hourly=false&selected_tab=cha
Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran. Malang : UB Press.
social, W. a. (2021). We are social. Diambil kembali dari Our Network: https://wearesocial.com/blog/2020/01/digital-2020-3-8-billion-people-use-social-media
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.
Suherman, A. (2020). Buku Ajar Teori-Teori Komunikasi. Yogyakarta: Deepublish.
Tasnim Tasnim, A. S. (2021). Komunikasi Pemasaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Trivena, F. N. (2018). Public Relation, Citra dan Praktek. Malang: POLINEMA PRESS.
Wahyuni, H. I. (2018). Kebijakan Media Baru di Indonesia (Harapan, Dinamika dan Capaian Kebijakan "Media Baru" di Indonesia). Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Wayne, R. (2020). TikTok Marketing Profits. Inggris: Publisher s21598.
We are social, Hootsuite. (2021). Datareportal. Dipetik 2021, dari Digital 2021 : Indonesia: https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia
SensorTower. (2021). Top Charts & News. Diambil kembali dari Sensortower.com: https://sensortower.com/ios/rankings/top/iphone/indonesia/all-categories?app_id=1235601864&app_name=tiktok&publisher=tiktok-pte-ltd&search=&start_date=2021-01-30&end_date=2021-02-28&countries=ID&chart_type=topfreeapplications&hourly=false&selected_tab=cha
Wearesocial, Hootsuite. (2021). Mobile App Rankings : Downloads. Diambil kembali dari Data Reportal : https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia
Published
2021-10-27