POLA KOMUNIKASI PENDIDIK DALAM PEMBELAJARAN FOTOGRAFI TERHADAP ANAK PENYANDANG TUNANETRA DI KOMUNITAS SE:RASA COLLECTIVE SURABAYA

  • Dieta Mouza Syahputri Stikosa-AWS
  • Moch. Djauhari Stikosa-AWS
Keywords: Pola Komunikasi, Pembelajaran Fotografi, Penyandang Tunanetra, SERASA Collective Surabaya

Abstract

SE:RASA Collective Surabaya merupakan salah satu komunitas fotografi di Surabaya. Ada yang berbeda dari SE:RASA Collective dengan komunitas fotografi lainnya, yaitu fokus anggota dari komunitas ini adalah para penyandang tunanetra. Hal inilah yang menjadi menarik karena tunanetra sendiri adalah kondisi dimana seseorang mengalami gangguan atau hambatan pada indra penglihatan, sedangkan pembelajaran fotografi sendiri membutuhkan keahlian untuk melihat objek yang akan diabadikan. Alasan peneliti mengangkat topik ini sebagai penelitian karena Komunitas Serasa Collective ini sangat menarik dalam menyetarakan mereka para disabilitas khususnya penyandang tunanetra bahwa mereka juga bisa melihat dan merasakan hal-hal yang terjadi disekitarnya walaupun dengan keterbatasan yang dimiliki. Dalam penelitian yang berjudul Pola Komunikasi Pendidik Dalam Pembelajaran Fotografi Untuk Anak Penyandang Tunanetra Di Komunitas Serasa Collective Surabaya menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus dengan pendekatan deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara serta dokumentasi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah pola komunikasi yang terjadi antara pendidik dan anak penyandang tunanetra dalam pembelajaran fotografi terjadi secara dua arah.

References

Budatyana, Muhammad. Ganiem, Leila Mona. (2011). Teori Komunikasi Antarpribadi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
E. Mulyasa, (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung; Remaja Rosidakarya.
(Djauhari, 2017). (2017). Konsepsi Psikologi Komunikasi Dalam Hubungan Interpersonal. Jurnal Spektrum Komunikasi, 7(2), 1-9.
Moch. Djauhari, & Aulia Afniar. (2018). Medium Komunikasi Pariwisata Melalui Film Animasi: (STUDI KASUS ANALISA ISI FILM COCO). Jurnal Spektrum Komunikasi, 6(2), 59-66. https://doi.org/10.37826/spektrum.v6i2.33
Moleong, L. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Mulyana, Deddy. (2004). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyono, A. (2003). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Karya.
Mutrie, Afin. (2016). Ensiklopedi Anak Berkebutuhan Khusus. Jogjakarta: Redaksi Maxima.
Onong Uchjana, Effendy. (1993). Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosidakarya.
Pradopo dkk. (1997). Pendidikan Anak Tunanetra. Bandung: N.V Masa Baru.
Sapril. (2011). Komunikasi Interpersonal Pustakawan. Jurnal Iqra’. Vol. 05 No.01.

https://jatim.tribunnews.com/2019/08/19/cerita-fotograger-surabaya-bahar-adyaksa-buat-foto-esai-bareng-tunanetra-kuncinya-sama-sama-belajar
(diakses pada tanggal 24 Maret 2021, pukul 12:00)
https://kumparan.com/beritaanaksurabaya/foto-melihat-karya-fotografi-anak-anak-penyandang-tunanetra-1sKRGQmk3q0 (diakses pada tanggal 24 Maret 2021, pukul 11:05)
https://magdalene.co/story/tedxjalantunjunganwomen-2019-make-it-matter (diakses pada tanggal 24 Maret 2021, pukul 11:11)
https://surabayamuda.com/berbagi-cerita-belajar-fotografi-bareng-serasa-collective/ (diakses pada tanggal 25 Maret 2021, pukul 10:00)
https://soundcloud.com/acim-adyaksa (diakses pada tanggal 21 Mei 2021, pukul 20.05)
Amrina, Fathia Nurul. 2019. Pola Asuh Orangtua Penyandang Tunanetra Berdasarkan Penyebab Tunanetra, Kondisi Tunanetra, Usia Pernikahan, Dan Pendidikan Terakhir. Universitas Negeri Semarang.
Anita, Yuliana.2018.Analisis Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi Sdn Punten 01 Kota Batu. Universitas Muhammadiyah Malang.
Chasanah, Nur. 2019. Komunikasi Interpersonal Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Interpersonal Pada Anak Penyandang Tunanetra Di Yayasan Kesejahteraan Tunanetra Islam Tahun 2019). Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Widyastuti, Rani. 2016. Pola Interaksi Guru dan Siswa Tunanetra SMPLB A Bina Insani Bandar Lampung. IAIN Raden Intan Lampung.
Maisarah, Intan. 2019. Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Membentuk Konsep Diri Murid Penyandang Tunanetra Di SLB Bukesra Banda Aceh. Universitas Syiah Kuala.
Muflihah, Sheila. 2015. Pola Komunikasi Siswa Tunanetra Dengan Siswa Tunarungu Di SLBN-A Citeureup Kota Cimahi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Nazar, Saeful.2019. Pengaruh Keragaman Produk Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen Distro Heaven (Survei Pada Pengunjung Distro Heaven Trunojoyo Bandung). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.
Purnamasari, Sri Hadiati .2018. Hubungan Antara Hambatan Komunikasi Dengan Stres Pada Orang Tua Yang Memiliki Anak Tunarungu Di Sekolah Luar Biasa Negeri (Sdlbn) Pembina Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Published
2021-10-27