Strategi Komunikasi Dusun Durek Batu Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur Memperkenalkan Lokal Wisata Melalui Edukasi Teknologi Informasi

  • Ikke Maria Afiani Stikosa-AWS
  • Rafdi Hananto Stikosa-AWS
  • Novanda Zahwa F Stikosa-AWS
  • Clara A A O Stikosa-AWS
  • Salsa Nur Malita Stikosa-AWS
Keywords: village, livelihoods, information technology, the economy

Abstract

Desa Giripurno, Dusun Durek, Kec. Bumiaji, Batu, Jawa Timur adalah salah satu dusun yang cukup berkemang dari ke 6 dusun yang ada di desa Giripurno. Dusun Durek melakukan penghijauan dengan menanam tanaman di depan halaman rumah mereka. Tanahnya yang subur membuat dusun ini memiliki warga yang bermata pencaharian sebagai petani, peternak, dan pedagang. Menanam serta mengolah sendiri hasil kebunnya, lalu di jual ke berbagai wilayah di Jawa Timur. Tidak hanya sayuran, mereka juga menanam buah-buahan serta bunga hias untuk di jual.

Selain itu penduduk setempat juga sedang menggeluti bidang baru, yaitu membatik. Kegiatan yang dilakukan oleh ibu-ibu setempat sekitar kurang lebih 1 tahun lamanya. Namun sayangnya kurangnya pemahaman warga sekitar tentang teknologi informasi (internet), membuat mereka tidak bisa leluasa menjajakan hasil bumi serta kain batik. Tempat yang sejuk, penataan rumah, serta tanaman-tanaman yang menghiasi halaman depan rumah mereka, harusnya dusun ini dapat dijadikan sebagai objek tempat wisata. Banyak juga terdapat spot-spot foto. Kurangnya kesadaran masyarakat atas pendidikan dikarenakan faktor ekonomi membuat mereka memilih berhenti sekolah dan ikut serta membantu orangtua mereka dalam berkebun, berternak, serta berdagang.

Adanya kegiatan Kuliah Kerja Lapangan ini guna mengajak mereka untuk lebih mengetahui dan mempelajari lebih dalam apa itu teknologi informasi, serta mengajarkan pada mereka untuk mempromosikan hasil bumi serta hasil kain batik mereka ke dalam media sosial. Sehingga masyarakat lebih tau tempat serta hasil bumi dusun Durek.

References

Ardianto, DR. Elvinaro. (2011). Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Argenti, A. Paul. (2010). Komunikasi Korporat. Jakarta: Salemba Humanika.

Cutlip, Scott M dkk. (2006). Effective Public Relations Edisi Kesembilan. Jakarta:Kencana.

__________. 2007. Effective Public Relations Edisi Kesembilan. Jakarta:Kencana.

H.B. Sutopo. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.

arkansyah, Prima, E. P., Wiwin PA, Ananda ACP, Gabriela NVM, & Arman DP. (2021). Strategi Komunikasi Lingkungan Membangun Kesadaran Masyarakat Terhadap Kebersihan Sungai Jagir. Prapanca : Jurnal Abdimas, 1(1), 37-45. https://doi.org/10.37826/prapanca.v1i1.132

Hermawan, Agus. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Jefkins, Frank. (1995). Public Relations. Jakarta: Erlangga.

Kriyantono, Rachmat. (2010). Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Liliweri, Alo. (2008). Dasar-dasar Komunikasi Kesehatan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Moore, Frazier. (2005). Humas Membangun Citra Dengan Komunikasi. Bandung:

Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oliver, Sandra. (2008). Strategi Public Relations. jakarta: Erlangga.

Pawito, Ph.D. (2008). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: Lkis Pelangi Aksara Yogyakarta.

Rachmadi F. (1994). Public Relations Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

__________. (1995). Public Relations Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

Ratna Amina, N. W., Yunita K, Nur Aisyah K, Shoffiana DM, Allan KC, & M.Ade S. (2021). Strategi Komunikasi Pariwisata Pada Masyarakat Dan Pembudidayaan Ekosistem Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar. Prapanca : Jurnal Abdimas, 1(1), 22-28. https://doi.org/10.37826/prapanca.v1i1.133

Rumanti, Maria Assumta. (2005). Dasar-Dasar Public Relations Teori dan Praktek. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Ruslan, Rosady. (2003). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Soemirat, Soleh, dan Ardianto, Elvinaro. (2004). Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Uchjana, Onong. (2001). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Published
2022-02-25
How to Cite
Afiani, I. M., Hananto, R., F, N. Z., A A O, C., & Malita, S. N. (2022). Strategi Komunikasi Dusun Durek Batu Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur Memperkenalkan Lokal Wisata Melalui Edukasi Teknologi Informasi. Prapanca : Jurnal Abdimas, 2(1), 16 - 21. https://doi.org/10.37826/prapanca.v2i1.290