The Role of the Department of Human Resourcesdevelopment in Employee Relations Activities in Family Business

Case Study on Royal Trawas Hotel & Cottages

  • Putri Septaningtyas Hidayat Universitas Dr. Soetomo
  • Siska Armawati Sufa Universitas Padjadjaran
  • Eny Ratnasari Padjadjaran University
Keywords: Family Business, employee relations, hotel, human resources development, internal communication

Abstract

Sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang hospitality, Royal Trawas Hotel & Cottages ingin membangun komunikasi yang sehat dengan karyawan. Royal Trawas Hotel & Cottages menyadari bahwa bisnis ini tidak akan berjalan tanpa adanya performa terbaik dari karyawan. Oleh karena itu, untuk membina hubungan yang baik dengan karyawan Royal Trawas Hotel & Cottages melalui Departemen Human Resources Development (HRD) melakukan sejumlah aktivitas Employee Relations. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, peneliti ingin mengetahui tentang aktivitas Employee Relations yang dilakukan di Royal Trawas Hotel & Cottages. Hasil penelitian menunjukkan Departemen HRD telah membuata sejumlah aktivitas employee relations yaitu pertemuan program pendidikan dan pelatihan hingga corporate social responsibility. Peran Departemen HRD dalam aktivitas employee relations diantaranya adalah melakukan analisis awal, merancang aktivitas employee relations sesuai budaya perusahaan, menganalisis  efektivitas peran dan tanggung jawab staf dalam aktivitas employee relations, melakukan diseminasi informasi, menentukan dan mengelola media internal, menciptakan hubungan humanis antara pimpinan dan karyawan serta melakukan evaluasi terhadap aktivitas employee relations. Aktivitas Employee Relations bergantung dengan komunikasi internal. Komunikasi internal yang terjadi di Royal Trawas and Cottages adalah komunikasi ke bawah atau downward communication dari pimpinan kepada karyawan, komunikasi hilir vertikal atau upward communication, komunikasi horizontal yang berlangsung antara karyawan dengan karyawan lainnya. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai evaluasi bagi Royal Trawas Hotel & Cottages serta Royal Hospitality Management.

References

Adler, R. B., & Elmhorst, J. M. (2012). Communicating at Work Eleventh Edition: Principles and Practices for Business and The Professions. New York: Mc-Graw Hill.
Ardianto, E. (2012). Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Blyton, P. dan Turnbull, P. (2004). The Dynamics of Employee Relations (3rd ed.). New York: Palgrace Macmillan.
Creswell, J. W. (2012). Qualitative Inquiry and Research Design, Choosing Among Five Traditions. California: Sage Publications.
Darjono, F. Y. (2016). Evaluasi Program Employee Relations Toyota Asri Motor Tahun 2015. Jurnal E-Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra, Surabaya.
Effendy, O. U. (2009). Human Relations & Public Relations. Bandung: Mandar Maju.
Halim, C., & Hakim, W. (2018). Strategi Employee Relations dalam Mempertahankan Loyalitas Karyawan. Skripsi.
Men, L. J. (2014). Strategic Internal Communication: Transformational Leadership, Communication Channels, and Employee Satisfaction. Skripsi.
Miles, M. B., & Huberman, A. M.. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press.
Miller, K. (2014). Organizational Communication: Approaches and Pricess (7th ed). Boston: Wasworth.
Moleong, L. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyana, D. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. (2002). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.
Onday, O. (2016). Human Resources Theory: From Hawthrone Experiments od MAYO to Groupthink of Janis. Global Journal of Human Resources Management, Vol. 4, No. 1, 95-110.
Pace, R. W. & Faules. (2001). Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Panuju, R., & Narena, I K. (2019). Komunikasi Organisasi Bidang Reservasi Hotel. Jurnal Komunikasi Vol. 11, No. 1, Juli 2019, 30-41.
Persiawar, M. A., Wardhani, S. A., & Santoso, P. Y. (2017). Strategi Employee Relations sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Karyawan PT. Bumi Karya Makmur dengan Program Family Gathering. Skripsi.
Ruslan, R. (2002). Manajemen Humas dan Komunikasi, Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: Grafindo Persada.
_____. (2010). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Romli, K. (2011). Komunikasi Organisasi Lengkap. Jakarta: Grasindo.
Siahaya, I. A. (2013). Employee Relations dan Corporate Reputation Belajar dari Google. Jurnal InterAct, Vol. 2, No. 1, Mei.
Saidi, Z., & Abidin, H. (2004). Menjadi Bangsa Pemurah: Wacana dan Praktek Kedermawanan Sosial di Indonesia. Jakarta: Piramedia.
Soemirat, S., & Elvinaro, A. (2012). Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tanumaharja, J., Vidyarini, T. N., & Rusdianto, M. (2018). Evaluasi Program Employee Relations Rich Palace Hotel Surabaya. Jurnal E-Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra, Surabaya.
Thelen, P. D. (2020). Internal Communicators’ Understanding of The Definition and Importance of Employee Advocacy. Public Relations Review Journal 46,
Wati, J. & Farid. (2019). Employee Relations dalam Isu Penutupan Perusahaan, Studi Kasus Gerai Matahari di Mall Pluit Village. Jurnal Prologia, Volume 3, Nomor 1, Juli 2019, 135 – 141.
Wursanto, I. (2010). Dasar-Dasar Ilmu Organisasi. Yogyakarta: Andi Publisher.
Yue, C. A., Men, L. R., & Ferguson, M. A. (2019). Bridging Transformational Leadership, Transparent Communication, and Employee Openness to Change: The Mediating Role of Trust. Public Relations Review Journal.
Published
2021-06-30
How to Cite
Septaningtyas Hidayat, P., Armawati Sufa, S., & Eny Ratnasari. (2021). The Role of the Department of Human Resourcesdevelopment in Employee Relations Activities in Family Business: Case Study on Royal Trawas Hotel & Cottages. Jurnal Spektrum Komunikasi, 9(1), 45 - 66. https://doi.org/10.37826/spektrum.v9i1.143