Cinema XXI Brand Activity Using Instagram Social Media in Pandemic Era

  • Yuni Tresnawati Universitas Mercu Buana
Keywords: Branding Activity, Cinema, Cinema XXI, Pandemic

Abstract

Industri hiburan saat ini merupakan salah satu kebutuhan gaya hidup bagi masyarakat khususnya bagi mereka yang tinggal di kota besar. Bioskop merupakan salah satu industri hiburan yang digemari oleh masyarakat terutama pecinta film, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Cinema XXI adalah salah satu operator bioskop terbesar di Indonesia. Namun pada awal tahun 2020, Covid-19 hadir menjadi masalah kesehatan dunia.Berdasarkan hal diatas peneliti tertarik untuk melakukan analisis brand activation secara mendalam yang dilakukan oleh Cinema XXI . Dalam penelitian ini menggunakan konsep komunikasi pemasaran, brandbrand acrivation dan brand awareness. Metode penelitian ini ialah studi kasus dengan penedekatan kualitatif . Tehnik pengumpulan data melalui wawancara dan menggunakan triangulasi sumber untuk tehnik keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian selama pandemic ini Cinema XXI melalukan kegiatan Brand Activation berupa : Social Media Activation, Promotion Activation dan Marketing Event Activation .Brand Activation yang dilakukan oleh Cinema XXI dengan cara mengajak konsumen, dalam hal ini adalah penoton dan kemudian memberikan experience untuk bisa tetap berkomunikasi dan dekat dengan para penontonnya, dan yang terakhir melakukan penguatan kembali dengan melakukan promosi.Strategi yang diterapkan oleh Cinema XXI hanya menggunakan 3  dari 4 strategi, yaitu menetapkan target, mencari wawasan konsumen dan juga menentukan tema. Untuk yang menetapkan media tidak digunakan, karena justru hal itu sudah dilakukan terlebih dahulu.Cinema XXI bisa mengembangkan aktivasi brandnya dengan melakukan sebuah trademark, karena melalui media social sebuah karya atau konten bisa digunakan dan disebarluaskan oleh siapapun. Kegiatan aktivasi brand yang bisa dikembangkan adalah melalui Sponsorship Activation yang merupakan jenis brand activation di mana brand mendanai suatu kegiatan. Contoh: mendanai kegiatan olahraga, musik, dan sebagainya.

References

Asfi Manzilati. (2017). Metodologi Penelititan Kualitatif: Paradigma, Metode, dan Aplikasi. Jakarta: Universitas Brawijaya Press (UB Press).

Atmoko, Bambang Dwi. (2012) Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita.

Desilya Bunga Arini, Hadi Purnama, Maylanny Christin, Strategi Penerapan Brand activation STAR GLAM MAGAZINE melalui Event Marketing Sunday Morning Bandung, Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom, 2013 April 2017-Jurnal LP3M, hal 34

Fitrah, M. dan Luthfiyah. (2017). Metode Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.

Gunawan, Imam. (2017). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Handayani, Desy & dkk. (2010). The Official MIM Academy Coursebook Brand Operation. Jakarta: Esensi Erlangga Group.

Istijanto, Fandy. (2010). Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia.

Keller, Kevin L. (2013). Strategic Brand Management; Building, Measuring, and Managing Brand Equity. Fourth Edition Harlow. English: Pearson Education Inc.

Liembawati, Y. Analisa Pengaruh Brand Activation Terhadap Pembentukan Brand Community Pada Pt Ism Bogasari Flour Mills. Jurnal Strategi Pemasaran, Vol 2 No 1 (2014) 1-15

Mulyana, Deddy. et.al. (ed). (2013) Metodologi Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, Rulli. (2017). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nugraha, A. R. N. (2020). Social Media Management Peace Generation Indonesia In Order To Campaign Values Of Peace. Jurnal Spektrum Komunikasi, 8(1), 58 - 77. https://doi.org/10.37826/spektrum.v8i1.65

Prasetya Widodo, H. (2020). Use Of Social Media By The Tourism And Culture Office Of Malang Regency To Increase The Number Of Tourist Visits In Malang Regency. Jurnal Spektrum Komunikasi, 8(1), 94-103. https://doi.org/10.37826/spektrum.v8i1.71

Prisylia, M. E. (2020). Instagram Display @starbucksindonesia : Consumption Society Stimuli On Starbucks Central Park Mall. Jurnal Spektrum Komunikasi, 8(1), 78-93. https://doi.org/10.37826/spektrum.v8i1.66

Prof. Dr. Lexy J. Moleong, M. A. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosadakarya.

Respitasari. 2018. BRAND ACTIVATION BANDENG MENTARI (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF UD. SARANA MULTI NIAGA). Skripsi. Diterbitkan. Fakultas Ilmu Komunikasi. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Ruslan, Rosady. (2018). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Septi Asri Finanda, Dosen Progrssam Studi Pendidikan Seni Rupa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Brand activation, SOSIOHUMANIORA-Vol.3 No.1

Siregar, Denny. (2011). Out of Home dan Brand Activation.

Susilo, A. (2020). Cyber Public Relations Activities pegipegi.com in Improving Brand Awareness. Jurnal Spektrum Komunikasi, 8(1), 22 - 29. https://doi.org/10.37826/spektrum.v8i1.61

Tahir, Muh. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Wahyuni, Sari. (2015). Qualitative Research Method: Theory and Practice. Jakarta: Salemba Empat.

Yessy Liembawati, Diah Dharmayanti, Program Manajemen Pemasaran, Universitas Kristen Petra Surabaya, Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, Vol. 2, No. 1, (2014) 1-15

Artikel Website

https://id.wikipedia.org/wiki/Instagram. Diakses pada 10 September 2020

https://id.wikipedia.org/wiki/Studi_kasus. Diakses pada 10 September 2020

Published
2021-06-30
How to Cite
Tresnawati, Y. (2021). Cinema XXI Brand Activity Using Instagram Social Media in Pandemic Era. Jurnal Spektrum Komunikasi, 9(1), 105 - 116. https://doi.org/10.37826/spektrum.v9i1.161